Yakin Sudah Terhindar Dari Babi?

Kesehatanmurah.com – Sudah yakinkah kamu bahwa makanan dan minuman yang selama ini dikonsumsi sudah halal? Apakah makananmu sudah terhindar dari babi selama ini? Yuk simak bersama-sama mengenai babi dan turunannya.

Babi memiliki manfaat yang sangat banyak yang terdapat dalam berbagai produk industri dalam bentuk bahan tambahan dan bahan pengganti. Mulai dari kulit, daging hingga jeroan milik babi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan yang ternyata tanpa sadar mungkin kita telah menggunakannya.

Yakin Sudah Terhindar Dari Babi?

Daging babi saja bisa dimanfaatkan dalam berbagai bentuk olahan, mulai dari sosis, abon, bakso, hingga donat dan pangsit. Bahkan kulit dari babi ini dapat dijadikan sebagai olahan kerupuk, rambak, dan krecek. Bulunya pun memiliki manfaat yaitu bisa dijadikan sebagai kuas, sikat gigi dan jaket bulu.

Manfaat yang paling banyak digunakan dari babi yaitu gelatinnya. Olahan yang dapat dibuat dari gelatin babi ini beragam, mulai dari yoghurt, es krim, mentega, selai, marsmallow, jelly, pudding, sirup dan masih banyak lagi.

Mengapa babi banyak dimanfaatkan? Mari kita lihat perbedaan antara babi dengan sapi dalam hal perkembang biakan.

Babi mengandung anaknya hanya sekitar 114 hari atau 3 bulan, 3 minggu, 3 hari. Dalam satu kali melahirkan, babi bisa beranak banyak berkisar antara 10-14 anak. Pertumbuhannya juga relatif lebih mudah karena makanan yang dimakan mudah didapat yaitu kotorannya sendiri. Usia babi betina yang siap kawin juga relatif lebih cepat daripada sapi dengan minimal usia 7 bulan. Satu babi jantan saja bisa kawin dengan 10-12 babi betina.

Lain halnya dengan sapi yang mengandung anaknya lebih lama yaitu 283 hari atau 9 bulan, 4 minggu, 3 hari. Dalam satu kali melahirkan, ibu sapi hanya memiliki 1-2 anak saja. Pakan yang dikonsumsi oleh sapi juga akan menentukan kualitas dari dagingnya sehingga sangat perlu diperhatikan. Usia sapi betina yang siap untuk kawin yaitu pada usia minimal 1,5-2 tahun.

Dilihat dari sisi perkembang biakannya, tentu saja babi lebih ekonomis untuk menjadi olahan berbagai macam bahan baik makanan maupun pelengkap. Jangan heran lagi jika banyak oknum yang lebih banyak memanfaatkan olahan babi daripada olahan sapi untuk mendapat keuntungan lebih dengan waktu yang lebih cepat. Jadi sudah yakin produkmu aman dari babi? Mari kita kenali dan berhati hati serta selalu membaca bismillah setiap saat.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

 

Yakin Sudah Terhindar Dari Babi? | admin | 4.5