Tips Mengatasi Batuk Pilek Anak Tanpa Obat

Kesehatanmurah.com – Cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini bisa membuat kamu jadi gampang sakit. Salah satu penyakit yang sering sekali menyerang yaitu batuk dan pilek. Bukan hanya pada anak kecil namun orang dewasa pun terkadang terkena batuk dan pilek jika daya tahan tubuhnya sedang lemah.

Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit batuk dan pilek pada anak tanpa menggunakan obat sintetis atau orang-orang sering menyebutnya obat kimia. Yuk simak sama-sama.

Tips Mengatasi Batuk Pilek Anak Tanpa Obat

Bayi yang berusia di atas enam bulan sering kali mengalami batuk dan pilek yang diakibatkan oleh infeksi virus ringan. Hal ini wajar terjadi karena asupan ASI pada bayi ini kerap sudah mulai berkurang dan bayi sudah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI. Asupan ASI yang berkurang ini dapat menyebabkan kekebalan tubuh bayi akan sedikit menurun. Akibatnya bayi lebih mudah terkena infeksi virus.

Infeksi yang disebabkan oleh virus ini bisa kita lakukan pengobatan tanpa menggunakan obat-obatan sintetis atau obat kimia. Penyakit batuk dan pilek ini merupakan jenis penyakit yang akan sembuh sendiri dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan asupan gizi yang bagus.

Beberapa hal yang bisa dilakukan jika anak atau balita terserang batuk dan pilek.

  1. Beri cairan yang cukup. Jika si anak masih mengonsumsi ASI, maka pemberian ASI yang optimal ini akan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika sudah tidak mengonsumsi ASI, maka hendaklah mengonsumsi air putih yang banyak.
  2. Menghangatkan tubuh dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon.
  3. Menghangatkan tubuh bayi dengan sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 06.00 selama kurang lebih 15-30 menit. Lindungi mata bayi dari paparan langsung sinar matahari.
  4. Menidurkan bayi atau anak dengan posisi kepala yang lebih tinggi agar bisa memberinya kenyamanan dalam bernapas.
  5. Memberikan anak dengan madu dan jeruk nipis jika terkena batuk. Pemberian ini sebaiknya dilakukan untuk anak berusia di atas 2 tahun.
  6. Memberikan sup hangat untuk mengurangi hidung yang tersumbat dan untuk menghangatkan tenggorokan.

Ternyata ada loh cara yang mudah dan murah untuk mengobati batuk dan pilek ini tanpa harus ke dokter dan membeli obat sintetik. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, studinya menyebutkan bahwa garam memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan yang sedang dialami. Hidung yang tersumbat juga dapat diatasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek.

Tetapi jika batuk dan pilek anak/bayi Anda tidak kunjung sembuh sebaiknya segera bawa dan konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tips Mengatasi Batuk Pilek Anak Tanpa Obat | admin | 4.5