Makan Pisang Terlalu Banyak Pada Penderita Gagal Ginjal Dilarang? Mitos atau Fakta?

Kesehatanmurah.com – Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang harus di waspadai karena dapat menimbulkan kematian pada penderitanya jika sudah sangat parah. Oleh karena itu, setiap orang harus mengetahui gejala dini apa saja yang dapat menimbulkan gagal ginjal.

Gagal ginjal ini terjadi karena ketidakmampuan ginjal untuk mencuci darah kotor. Kebanyakan orang yang mengalami gagal ginjal adalah pria. Hal ini bisa terjadi akibat gaya hidup. Banyak sekali mitos dan fakta yang berkaitan dengan gagal ginjal. Yuk kita simak apa saja mitos dan fakta yang sering beredar di masyarakat!

MITOS VS FAKTA TENTANG PENYAKIT GAGAL GINJAL

  1. Tidak boleh mengonsumsi pisang terlalu banyak

Pisang salah satu buah yang biasa di makan untuk menurunkan berat badan. Ternyata pasien dengan riwayat atau sedang mengalami gagal ginjal ini tidak boleh mengonsumsi pisang terlalu banyak.

Mengapa seperti itu? Pisang mengandung kalium yang tinggi. Ketika kalium tinggi, fungsi jantung akan terganggu dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Pasien yang mengalami gagal ginjal biasanya mengandung kadar kalium yang tinggi, maka dari itu mengonsumsi pisang pada pasien gagal ginjal harus diperhatikan.

  1. Menahan buang air kecil

Kebiasaan ini merupakan hal yang buruk, apalagi lagi jika sudah ditahan sampai berjam-jam karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Ada yang mengatakan bahwa menahan buang air kecil ini bisa bikin gagal ginjal, namun ternyata ini adalah mitos.

Gagal ginjal mungkin saja bisa terjadi akibat hal tersebut jikalau memang terjadi infeksi yang membuat adanya gangguan pada ginjal yang akhirnya terjadi gagal ginjal.

  1. Kurang minum air putih

Cuaca yang panas memang sangat cocok untuk meminum minuman yang segar dan juga manis. Tapi jangan terlalu sering meminum minuman yang banyak mengandung perasa dan mengabaikan meminum air putih yang banyak.

Ginjal butuh asupan cairan yang cukup banyak untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Jika cairan yang dibutuhkan kurang, maka akan terjadi dehidrasi. Volume darah yang masuk ke ginjal pun akan berkurang. Hal tersebut bisa membuat terjadinya gagal ginjal.

  1. Cuci darah

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa cuci darah dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi penyakit yang lain. Hal ini tentunya tidak benar. Dalam melakukan cuci darah, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah higienis-nya yaitu mulai dari jarum infus yang akan digunakan.

Gagal ginjal merupakan penyakit yang mematikan yang harus kita waspadai karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal kronis dapat disembuhkan dengan cara cuci darah permanen selama pasien hidup atau bisa dengan melakukan cangkok ginjal.

Jagalah kesehatan ginjal kamu dengan selalu menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh sekitar 1500-2000mL setiap hari, menjaga pola makan, dan juga olahraga rutin agar tubuh tetap bugar. Penyakit seperti diabetes, asam urat, dan darah tinggi juga harus dicegah agar kita bisa terus hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Makan Pisang Terlalu Banyak Pada Penderita Gagal Ginjal Dilarang? Mitos atau Fakta? | admin | 4.5