WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) MENGINTAI ANDA!

kesehatanmurah.com – Demam Berdarah Dengue atau yang biasa dikenal dengan singkatan DBD merupakan demam yang diikuti dengan pendarahan yang terjadi di bawah kulit, selaput hidung, dan lambung. Demam berdarah ini disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk betina AEDES AEGYPTI (cirinya nyamuk berwarna belang hitam dan putih).

Gejala awal yang bisa dilihat jika seseorang terkena DBD ini, seperti demam yang cukup tinggi yang bisa mencapai suhu 40-41°C selama 2-7 hari, terdapat bintik-bintik merah di kulit, nyeri sendi atau otot, sakit perut (ulu hati), mimisan, gusi berdarah, diare, dan muntah.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan kepada seseorang yang terkena DBD yaitu dengan meminum air putih sebanyak mungkin, meminum obat penurun demam, dan mengompresnya menggunakan air dingin. Jika dalam 3 hari demam tidak juga turun, sebaiknya segera ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) MENGINTAI ANDA! CEGAH DARI AKARNYA!

Selain itu, waspada terhadap penyebaran virus ini juga harus dilakukan. Hal tersebut dapat di mulai dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan jentiknya seminggu sekali. Pemberantasan ini dilakukan sebagai berikut.

  1. Periksa wadah atau tanaman yang bisa menampung air, seperti vas bunga, tempat minum burung, wadah dispenser, dan sebagainya
  2. Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
  3. Memberikan larvasida pada tempat penampungan air
  4. Menutup lubang pada pohon atau pagar
  5. Memelihara ikan pemakan jentik
  6. Gotong royong membersihkan lingkungan
  7. Memasang kawat kasa pada ventilasi rumah
  8. Memakai losion/spray anti nyamuk
  9. Menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti serai, selasih, lavender, serai wangi, rosemary, tapak dara, zodia, bunga tahi ayam, dan kecombrang. Selain mengusir nyamuk, dengan menanam tanaman ini di halaman rumah, rumah akan tampak lebih asri dan udara menjadi lebih segar.
  10. Tidak membiasakan menggantung pakaian. Nyamuk dapat beristirahat di bekas pakaian yang digantung. Nyamuk demam berdarah ini menyukai keringat manusia. Maka dari itu dengan mengurangi menggantung pakaian bekas pakai bisa memutus siklus perkembangbiakan dari nyamuk demam berdarah di dalam rumah. Selain itu, ruangan menjadi lebih rapi.

Yuk mari kita terapkan pemberantasan nyamuk dan jentiknya seminggu sekali agar kita terhindar dari nyamuk demam berdarah. Semoga bermanfaat.

WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) MENGINTAI ANDA! | admin | 4.5