Sakit Kepala? Lakukan Hal Ini Sebelum Minum Obat dan Ke Dokter!

Kesehatanmurah.com – Rasanya setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Meskipun penyebab sakit kepala bermacam-macam, tapi penyebab paling sering adalah kekurangan cairan dan stress. Hal tersebut dapat memengaruhi ketegangan otot dan persarafan di kepala. Sebelum kamu minum obat dan pergi ke dokter coba atasi dulu dengan cara berikut.

Lakukan Hal Ini Sebelum Minum Obat dan Ke Dokter!

  • Jika kekurangan cairan otomatis volume cairan dalam tubuh akan berkurang pula. Pasokan oksigen yang seharusnya menuju otak pun berkurang dan perlahan kepala akan terasa sakit. Bila mulai terasa sakit, segeralah minum segelas besar arir dan usahakan terus minum seteguk sepanjang hari. Rasa sakit pada kepala mungkin akan mereda secara bertahap.
  • Konsumsi teh jahe. Manfaat jahe sangat beragam, salah satunya untuk mengurangi sakit kepala. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamin (tablet untuk mengobati mual karena vertigo atau kondisi lainnya). Cobalah untuk menambahkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya dapat kamu rasakan setelah 30 menit meminumnya dan bertahan hingga empat jam.
  • Pijat ringan. Kamu bisa memijit bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari. Pijat ringan dengan konstan 7-15 detik, lalu lepaskan. Ulangi sampai rasa sakit berkurang.
  • Gunakan teknik akupresur. Akupresur dapat meredakan ketegangan dan nyeri pada kepala, terutama jika sakit kepala kamu disebabkan karena ketegangan otot atau stress. Cara untuk melakukan teknik akupresur ini adalah
  1. Cari tulang mastoid di belakang telinga, lalu ikuti alur natural di leher ke tempat melekatnya otot pada kepala. Beri tekanan yang sangat kuat dan dalam selama 4-5 detik sembari menarik napas dalam-dalam.
  2. Cari sebuah titik pada otot bahu kamu yang berada di sekitar pertengahan antara leher dan ujung bahu. Gunakan tangan yang berlawanan (tangan kanan untuk bahu kiri, tangan kiri untuk bahu kanan), untuk mencengkam otot bahu di antara jari-jari lain dan jempol kamu. Gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan yang kuat ke arah bawah selama 4-5 detik.
  3. Pijat bagian lembut tangan kamu di antara jari telunjuk dan ibu jari. Berikan tekanan yang kuat dengan gerakan melingkar selama 4-5 detik. Namun, hindari cara ini pada ibu hamil, karena bisa menginduksi persalinan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Sakit Kepala? Lakukan Hal Ini Sebelum Minum Obat dan Ke Dokter! | admin | 4.5