Yuk Pilih Suplemen Makanan Dengan Bijak!

Yuk Pilih Suplemen Makanan Dengan Bijak! – Tahukah kamu tentang suplemen makanan? Mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa suplemen makanan ini bertujuan untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Mungkin juga ada yang berpikiran bahwa dengan mengonsumsi suplemen makanan ini, berarti kita sudah memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Ternyata, asumsi-asumsi seperti itu adalah salah. Suplemen tidak mencegah atau mengobati suatu penyakit dan suplemen juga tidak menggantikan makanan seimbang dan bergizi. Sesuai dengan pengertian dari suplemen itu sendiri, suplemen makanan adalah prosuk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/efek fisiologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasikan dengan tumbuhan.

Yuk Pilih Suplemen Makanan Dengan Bijak!

Lalu, bagaimana cara memilih suplemen makanan yang baik untuk dikonsumsi?

Yang pertama pastilah suplemen tersebut harus ada izin dari Badan POM, contoh POM SD123456789 (untuk suplemen makanan produksi dalam negeri/lokal), POM SI123456789 (untuk suplemen makanan impor), dan POM SL123456789 (untuk suplemen makanan lisensi).

Yang kedua, sebelum membeli suplemen jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan untuk memastikan suplemen masih layak untuk digunakan atau tidak. Suplemen makanan yang kadaluwarsa sudah tidak memberi manfaat, bahkan bisa membahayakan tubuh.

Yang ketiga perhatikan aturan pakai. Pemakaian dari suplemen makanan juga harus sesuai dengan atura pakai yang sudah tertera pada kemasan. Konsumsi suplemen yang berlebih akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Yang keempat perhatikan peringatan dan perhatian (jika ada). Ini juga termasuk hal yang sering terabaikan. Karena terkadang ada beberapa suplemen yang tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita hamil, atau ibu menyusui.

Kemudian yang kelima selalu perhatikan cara penyimpanan. Ada beberapa suplemen makanan yang harus disimpan pada suhu dan kondisi tertentu untuk mempertahankan manfaatnya.

Dan yang terakhir, jangan asal meminum suplemen makanan, pilihlah suplemen makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan suplemen makanan dalam jangka panjang harus dikonsultasikan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Yuk Pilih Suplemen Makanan Dengan Bijak! | admin | 4.5