Yuk Intip 3 Khasiat Dari Daun Meniran!

Yuk Intip 3 Khasiat Dari Daun Meniran! Meniran memiliki ciri yang mirip seperti daun saga. Rasanya yang agak pahit dan manis ini memiliki batang yang bulat dan daunnya yang bertulang menyirip genap majemuk dengan ukurannya yang kecil berbentuk lonjong.

Tumbuhan ini dapat hidup secara liar di lahan terbuka. Bahkan tumbuhan ini sering sianggap sebagai rumput biasa. Tapi jangan anggap remeh tumbuhan ini, karena khasiat yang ditawarkan juga sangat banyak.

Kandungan zat yang ada dalam meniran juga sangat banyak. Salah satunya yaitu phyllanthin, nirurin, asam askorbat, dan lain sebagainya. Yuk langsung saja kita intip khasiat yang ditawarkan oleh tumbuhan meniran ini.

Yuk Intip 3 Khasiat Dari Daun Meniran!

  1. Antidiabetes

Kandungan phyllanthin dan hypophyllanthin yang ada dalam meniran ini merupakan komponen utama yang diduga berperan aktif dalam penurunan kadar gula darah. Hasil penelitian terhadap tikus yang sebelumnya telah diinduksi oleh aloksan (zat kimia yang memicu kondisi tikus menjadi diabetes), setelah diberi ekstrak meniran ini menurun kadar gula darahnya.

  1. Antibakteri

Efek antibakteri dari meniran ini berasal dari ekstrak metanol daun meniran yang efeknya paling ampuh terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

Kandungan kimia yang terkandung dalam meniran yang berperan sebagai antibakteri ini adalah niranthin, nietetralin, phyllanthin, dan hypophyllanthin. Bukan hanya sebagai antibakteri, ekstrak petroleum eter dari batang, akar, dan daun meniran memperlihatkan efeknya sebagai antifungi.

  1. Pelarut asam urat dan batu ginjal

Senyawa yang paling sering digunakan untuk pengobatan asam urat dan batu ginjal adalah flavonoid dan glikosida flavonoid. Tumbuhan meniran ini termasuk tumbuhan yang kaya akan alkaloid. Oleh karena itu, tumbuhan ini dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan asam urat dan batu ginjal.

Flavonoid akan berikatan dengan kalsium dari batu ginjal yang ada di dalam tubuh yang nantinya akan membentuk senyawa kompeks kelat yang mudah larut.

Ion-ion seperti Na dan K yang terkandung dalam meniran ini akan berikatan dengan asam urat yang akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air sehingga asam urat yang telah mengkristal dalam darah akan terlarut secara perlahan dan akan dikeluarkan melalui air seni nantinya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Yuk Intip 3 Khasiat Dari Daun Meniran! | admin | 4.5