Ketumbar: Bumbu Dapur Yang Berkhasiat

Ketumbar: Bumbu Dapur Yang Berkhasiat – Siapa yang tak kenal dengan ketumbar? Untuk kamu yang sering berkutat di dapur pasti sudah sangat tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun pemakaiannya harus tetap hati-hati.

Bentuknya yang menyerupai bola-bola kecil berwarna putih ini biasanya digerus atau ditumbuk supaya menjadi bubuk. Bubuk ketumbar ini biasanya tahan sampai enam bulan. Sedangkan ketumbar utuhnya dapat bertahan 1-2 tahun jika disimpan dalam wadah yang kedap dari udara.

Ketumbar: Bumbu Dapur Yang Berkhasiat

Jika kamu mengonsumsi ketumbar, maka ketumbar telah mendukung kebutuhan harian kamu hingga 10 persen zat besi, 8 persen kalium, 4 persen vitamin C, dan 68 persen vitamin K. Manfaat ketumbar telah diungkap dari beberapa penelitian, meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketumbar dapat digunakan untuk mencegah kanker. Rempah-rempah ini dapat menghambat pembentukan heterocyclic amine (HCA) pada daging yang dimasak. Hal ini penting karena konsumsi makanan yang mengandung HCA sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker.

Selain untuk mencegah kanker, ketumbar dapat digunakan untuk menangani masalah pencernaan, seperti sakit perut, konstipasi, cacingan, dan lain-lain. Namun, di sisi lain perlu dikhawatirkan juga pada orang-orang tertentu. Ketumbar dapat berisiko menyebabkan alergi dan meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya matahari sehingga meningkatkan risiko kanker kulit dan kulit terbakar.

Konsumsi ketumbar juga harus diawasi jika kamu sedang mengonsumsi obat diabetes juga. Hentikan mengonsumsi ketumbar jika ingin melakukan operasi setidaknya 2 minggu sebelumnya. Hal tersebut sangat penting dilakukan karena ada anggapan bahwa ketumbar dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, ketumbar juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga orang-orang yang memiliki tekanan darah yang rendah dan sedang mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah perlu untuk berhati-hati.

Umumnya, ketumbar cukup aman untuk dikonsumsi dalam kadar yang secukupnya. Meski ketumbar termasuk ke dalam bahan alami, konsumsi ketumbar yang diolah menjadi produk herba perlu hati-hati dan tetap mematuhi takaran pada label produk.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Ketumbar: Bumbu Dapur Yang Berkhasiat | admin | 4.5