Makanan Kesehatan Jantung Yang Harus Kamu Coba!

Makanan Kesehatan Jantung Yang Harus Kamu Coba! Sedikit orang yang menyadari bahwa dirinya memiliki penyakit jantung. Bahkan sebagian orang mengetahui mereka terkena penyakit tersebut jika telah terkena serangan jantung. Tak jarang pula serangan jantung ini dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Oleh karena itu, marilah kita ubah pola hidup kita dengan melakukan gaya hidup sehat.

Hal yang paling mudah dilakukan adalah mulai dari makanan yang dimakan setiap harinya. Karena dari makananlah penyakit juga dapat bermula. Mulailah mengonsumsi makana yang sekiranya membantu kesehatan untuk jantung kamu. Berikut makanan kesehatan untuk jantung yang dapat kamu coba.

Makanan Kesehatan Jantung Yang Harus Kamu Coba!

  1. Semangka

Siapa sih yang tak mengenal semangka. Sebagian orang mungkin menyukai bahkan buah ini dijadikan sebagai buah favorit. Tapi tahukah kamu, bahwa mengonsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang mendukung stabilitas kondisi jantung? Hal tersebut diungkap oleh studi Florida State University.

Selain itu, bukan hanya vitamin C dan A saja yang bersumber penting dari semangka. Kandungan zat antioksidan dan lycopene yang ada dalam semangka juga dapat menetralisasi radikal bebas dan mengoksidasi kolesterol.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam ini ternyata dapat menjadi makanan kesehatan jantung. Jenis cokelat ini membantu jantung dengan memperlancar aliran darah dan membantu menstabilkan tekanan darah.

  1. Tomat

Lycopene yang ada dalam tomat ini merupakan suatu karoten yang dapat mencegah penumpukan LDL atau yang sering orang sapa dengan sebutan kolesterol jahat. Dengan kamu mengonsumsi tomat ini, kamu dapat tercegah dari penyumbatan arteri yang tentunya ini mendukung kesehatan jantung juga.

  1. Leci

Polifenol alami yang terkandung dalam buah leci ini cukup tinggi. Kandungan tersebut mempunyi efek kardioproteksi, menghambat agregasi trombosit, memiliki efek vasorelaksasi, dan juga dapat melindungi sel endotel pembuluh darah serta stress oksidatif.

  1. Minyak zaitun

Satu sendok minyak zaitun dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan persentase 28 persen. Sedangkan dua sendok minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi hampir setengah risiko kematian dini yang diakibatkan oleh penyakit yang dianggap sebagai silent killer ini. Hal tersebut diberitakan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Kandungan yang ada dalam minyak zaitun ini yaitu polifenol dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan loh. Dua zat tersebut berperan besar dalam pencegahan supaya tidak terjadi peradangan dan dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga:

Makanan Kesehatan Jantung Yang Harus Kamu Coba! | admin | 4.5