Tips Menjaga Mata Anda Agar Terhindar Dari Penyakit Mata

Tips Menjaga Mata Anda Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Semua orang pasti ingin memiliki mata yang sehat. Oleh karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mata merupakan organ yang berharga. Karena jika terjadi kerusakan pada mata, akan mengakibatkan Anda sukar untuk melihat bahkan sampai tidak dapat melihat (buta).

Penyakit yang terjadi pada mata yang sering kita temui yaitu seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak, dan lain sebagainya. Untuk menghindari penyakit tersebut maka Anda bisa melakukan tips sebagai berikut.

Tips Menjaga Mata Anda Agar Terhindar Dari Penyakit Mata

  1. Periksa mata secara rutin

Setiap orang seharusya rutin untuk memeriksakannya kepada dokter spesialis mata. Hal itu dilakukan setidaknya 2 tahun sekali agar kesehatan mata Anda selalu terjaga. Periksa mata secara rutin dilakukan agar mencegah penyakit mata akibat penambahan usia, seperti glaukoma dan katarak.

Anak Anda yang berusia dalam rentang umur 6-12 bulan pun seharusnya sudahk mulai diperiksa untuk melihat ada atau tidaknya masalah penglihatan yang nantinya dikhawatirkan dapat memengaruhi kemampuan belajarnya.

Selain itu, jika terdapat riwayat penyakit atau masalah mata pada keluarga Anda. Itu harap menjadi perhatian karena bisa saja penyakit mata diturunkan dari orang tua ke anaknya.

  1. Konsumsilah makanan yang bergizi

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, zinc, lutein, dan asam lemak omega-3 dapat membantu Anda untuk menangkal masalah mata yang terkait usia. Selain itu, makanan yang banyak mengandung vitamin A juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Berhenti merokok

Jika Anda termasuk perokok, segeralah untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Karena merokok dapat menyebabkan masalah pada mata Anda. Merokok dapat meningkatkan masalah risiko penyakit kataran, degenerasi makula, bahkan kerusakan saraf optik yang dapat menimbulkan kebutaan pada mata Anda.

  1. Jangan membaca sambil tiduran

Bagi sebagian orang membaca dengan posisi tiduran adalah hal ternyaman. Namun hal tersebut dapat membawa dampak negatif pada mata Anda seperti terjadinya rabun pada mata. Jarak pandang ketika membaca dengan posisi tiduran sebenarnya tidak masalah.

Hanya saja, terkadang kita lupa bahwa jarak pandang yang tadinya sudah diatur sedemikian rupa ketika membaca sambil tiduran bisa lama-lama mendekat secara tidak sadar. Hal ini yang dapat membuat mata Anda menjadi rabun. Bahkan beberapa orang bisa menjatuhkan buku atau bahan bacaan ke wajah secara tidak sadar.

  1. Jangan terlalu lama menatap layar komputer atau laptop

Menatap layar komputer atau laptop yang terlalu lama dapat menimbulkan sakit kepala, bahkan mata kering dan tegang dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda memang harus menatap layar komputer atau laptop sepanjang hari, alihkan pandangan Anda selama 20 detik, tiap 20 menit untuk mengurangi ketegangan pada mata. Bisa juga dengan mengedipkan mata sesering mungkin supaya mata Anda tidak terlalu kering dan tegang.

Tips Menjaga Mata Anda Agar Terhindar Dari Penyakit Mata | admin | 4.5