Makanan Dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Konsumsi Obat

Makanan Dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Konsumsi Obat – Ada segelintir orang yang tidak terbiasa dengan rasa pahit dari obat, biasanya akan mencari makanan atau minuman yang bisa menutupi rasa pahit tersebut. Tetapi, ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat.

Interaksi antara obat dan makanan yang kita makan akan memengaruhi kerja obat. Akibatnya kerja obat menjadi tidak efektif dan mungkin bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Berikut makanan dan minuman yang dapat memengaruhi kerja obat.

Makanan Dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Konsumsi Obat

  1. Terdapat kandungan kalsium di dalamnya

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi susu ketika akan mengonsumsi obat-obatan jenis antibiotik, seperti antibiotik golongan penisilin (amoxilin, ampisilin), antibiotik golongan fluorokuinolon (siprofloksasin), dan kloramfenikol.

Jika sudah terbiasa dengan meminum susu atau ingin meminum susu, sebaiknya konsumsi susu dilakukan dua jam sebelum atau sesudah meminum obat agar obat tersebut dicerna dahulu di dalam tubuh. Selain susu, produk olahan lain yang mengandung susu serta suplemen seperti magnesium dan zinc dapat menyebabkan penghambatan dalam penyerapan antibiotik oleh tubuh.

Bila antibiotik yang kita minum berikatan dengan zat-zat tersebut, maka mereka dapat membentuk zat yang tidak dapat di serap oleh tubuh karena zat tersebut tidak dapat larut. Akibatnya obat yang kita minum menjadi sia-sia karena tidak berefek dan proses penyembuhan akan semakin lama.

Namun, tidak semua jenis obat itu tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan susu atau bersama makanan. Ada beberapa jenis obat seperti obat antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen yang dianjurkan dikonsumsi bersama susu atau dikonsumsi saat sedang makan. Hal itu dilakukan karena efeknya dapat melindungi iritasi pada lambung, walaupun mengurangi kerja obat.

  1. Sayuran yang kaya akan vitamin K

Brokoli, bayam, kubis, selada, dan alpukat sebaiknya dihindari ketika Anda ingin megonsumsi obat-obatan jenis antikoagulan (pengencer darah) yang bertolak-belakang fungsinya dengan vitamin K. Vitamin K berguna untuk pembekuan darah, yang jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan jenis antikoagulan tersebut efektivitas dari obat akan berkurang.

  1. Teh

Tanin yang terkandung dalam teh jika dikonsumsi bersama obat akan mengkiat senyawa aktif dari obat tersebut. Akibatnya zat dalam obat sukar untuk diserap dalam tubuh.

Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari saat mengonsumsi obat-obatan, supaya efek dari obat yang kita minum segera terasa dan Anda yang meminum obat segera disembuhkan dari penyakitnya. Semoga bermanfaat.

Makanan Dan Minuman Ini Harus Dihindari Saat Konsumsi Obat | admin | 4.5