3 Bahaya Mengonsumsi Gorengan Di Pagi Hari

3 Bahaya Mengonsumsi Gorengan Di Pagi Hari – Apa Anda termasuk orang-orang yang sering mengonsumsi gorengan di pagi hari sebagai teman sarapan?

Mengonsumsi gorengan baik sebagai camilan maupun sebagai makanan utama memang nikmat bagi kebanyakan orang. Apalagi jika dimakan ketika masih dalam keadaan hangat. Sayangnya meskipun enak, konsumsi gorengan terlalu banyak di pagi hari dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan aktivitas.

Saat bangun tidur, tubuh cenderung membutuhkan energi. Hal ini membuat asupan makanan pada pagi hari adalah penting supaya energi dan gizi yang hilang setelah tidur dapat tercukupi. Zat gizi yang diperlukan tubuh di awal hari dapat kita peroleh dari makanan pokok tinggi serat, lauk hewani, dan nabati yang rendah lemak, serta sayur-sayuran dan buah-buahan.

3 Bahaya Mengonsumsi Gorengan Di Pagi Hari

Namun, nafsu makan ketika kita baru bangun dari tidur, umumnya lebih besar. Kondisi seperti ini yang membuat tubuh kita menjadi craving atau sangat menginginkan, sehingga tak jarang orang langsung memakan makanan yang banyak cita rasanya seperti makanan manis atau gurih.

Nafsu makan yang tinggi di awal hari membuat kita banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Padahal asupan lemak yang seharusnya dikonsumsi dalam satu hari tidak boleh lebih dari 5 porsi atau satu porsinya setara dengan 70-90 gram gorengan. Asupan lemak yang berlebihan dapat memberikan dampak sebagai berikut.

  1. Tubuh cepat lemas dan mengantuk

Mengonsumsi gorengan yang terlalu banyak akan membuat asupan lemak berlebihan di awal hari. Padahal lemak termasuk zat yang lambat untuk dicerna. Hal ini membuat metabolisme tubuh menjadi lambat juga. Hasilnya, tubuh akan cepat lemas dan suka mengantuk karena metabolisme tubuh seakan dipaksa bekerja cukup berat di awal hari.

  1. Gangguan pencernaan

Asupan lemak pada pagi hari yang banyak dan waktunya berdekatan membuat metabolisme pencernaan terganggu. Hal ini dikarenakan saat pagi hari pencernaan cenderung kosong dan langsung bekerja mencerna makanan yang berlemak seperti gorengan. Akibatnya dapat membuat perut merasa kembung, begah, atau tidak nyaman dan lainnya.

  1. Asupan lemak berlebihan

Batas maksimal seseorang mengonsumsi makanan yang berlemak selama satu hari yaitu 5 porsi. Jika seseorang sudah mengonsumsi gorengan yang berlebih pada pagi hari, maka risiko asupan total lemak dalam sehari bisa jadi melebihi batas.

Hal ini bisa jadi berbahaya bagi tubuh karena akan memengaruhi kadar lemak dan kolesterol dalam jangka panjang. Jika hal ini terus terjadi, penyakit degeneratif bisa semakin meningkat.

 

3 Bahaya Mengonsumsi Gorengan Di Pagi Hari | admin | 4.5