Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Kamu Ketahui

Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Kamu Ketahui – Rambut rontok pasti membuat Anda tidak nyaman. Terlebih jika kita baru menyadari saat melihat banyak gumpalan rambut di kamar tidur ataupun kamar mandi. Setiap orang pasti pernah mengalami kerontokan rambut. Apa sebenarnya penyebab rambut rontok?

Rambut rontok memiliki banyak penyebab, seperti infeksi jamur, kemoterapi, dan lain sebagainya. Namun, terkadang rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kondisi tubuh atau akibat penyakit. Apa saja di antaranya? Yuk, simak!

Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Stress

Stress merupakan bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi maupun mental yang dapat memengaruhi aktivitas. Bahkan, stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit, dan gangguan-gangguan mental. Stress jangka panjang (seperti setelah melahirkan, akibat kecelakaan, penyakit, trauma, dll) menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Stress ini disebut dengan telogen effluvium (bentuk alopesia yang ditandai dengan kerontokan rambut).

Selain itu, stress emosional juga dapat menyebabkan kerontokan rambut seperti karena perceraian, atau kematian orang yang dicintai.

  1. Anemia

American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa anemia dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Umumnya, rambut rontok akibat kekurangan zat besi. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merag, kacang kedelai, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

  1. Gaya rambut

Terlalu sering mengubah gaya rambut dan perawatan rambut, dapat menyebabkan kerontokan rambut. Terlebih jika Anda memilih gaya rambut yang ekstrim atau melakukan perawatan dengan bahan kimia keras atau panas tinggi. Hal-hal tersebut dapat memengaruhi kekuatan akar rambut. Oleh karena itu, American Academy of Dermatology menganjurkan untuk menggunakan kondisioner setiap habis keramas untuk mencegahnya.

Selain itu, Anda harus membiarkan rambut dalam keadaan kering dan membatasi meluruskan rambut dengan catokan setidaknya maksimal seminggu sekali.

  1. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah penyakit yang berhubungan dengan hormon tiroid. Pada umumnya, penyebab hipotiroidisme, kurangnya asupan gizi berupa yodium. Akibatnya menurunnya produksi hormon tiroid yang dapat berakibat pada kerontokan rambut.

  1. Riwayat keluarga

Salah satu faktor kerontokan rambut adalah faktor keturunan. Selain itu, faktor keturunan juga dapat memengaruhi usia dimana akan mulai kehilangan rambut atau tingkat kerontokan rambut dan tingkat kebotakan.

  1. Pengaruh Obat

Rambut rontok juga bisa diakibatkan karena sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat untuk kanker. Selain itu, asupan vitamin A yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

 

Penyebab Rambut Rontok Yang Perlu Kamu Ketahui | admin | 4.5