Kesepian Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan, Atasi Dari Sekarang!

Kesepian Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan, Atasi Dari Sekarang! – Terkadang, ada saat dimana Anda merasa tidak ada seorang pun yang tidak dapat memahami atau mendukung Anda. Di saat itulah kadang kita merasa kesepian. Kesepian sebenarnya bisa diatasi. Bahkan di negara seperti Inggris, kesepian termasuk masalah kesehatan masyarakat yang harus ditangani langsung oleh pemerintah.

Kesepian Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan, Atasi Dari Sekarang!

Sebetulnya kesepian tuh apa sih? Kenapa banyak pakar kesehatan yang menggolongkan kesepian sebagai wabah? Yuk, mari cari tahu apa itu kesepian dan cara mengatasinya.

 

  1. Rasa kesepian bisa muncul walaupun sedang bersama teman atau keluarga

Kesepian bukan hanya bisa muncul pada orang yang hidup sendirian. Kesepian yaitu perasaan terputusnya hubungan Anda dengan lingkungan sekitar. Kesepian juga bisa menggambarkan perasaan seseorang yang merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa memahami selain dirinya sendiri. Selain itu, orang kesepian juga tidak memiliki hubungan dengan orang lain yang membuat ia merasa diinginkan.

Penyebab dari kesepian bisa jadi karena merasa terasingkan, tetapi itu bukan faktor utama yang memengaruhi. Anda bisa merasakan kesepian meskipun dengan teman dan keluarga. Hal itu dikarenakan bila Anda tidak terlalu akrab dengan orang-orang tersebut, Anda tetap bisa merasa kesepian.

  1. Banyak orang yang lanjut usia merasa kesepian

Semakin bertambah usia, orang akan semakin sibuk mengurusi kegiatannya masing-masing sehingga lebih jarang berinteraksi dengan orang terdekat yang memiliki kesibukannya juga. Banyak orang yang lanjut usia yang sudah tidak punya banyak kegiatan dan orang dan kerabat sekitarnya jarang datang berkunjung. Hal inilah yang mengundang rasa kesepian pada orang tua.

Walaupun begitu, kesepian bisa terjadi pada semua orang, tidak dilihat dari usia saja. Hanya saja, kesepian yang terjadi pada usia lanjut akan berdampak pada kesehatan. Lansia rentan mengalami berbagai keluhan soal masalah kesehatan. Bila ditambah dengan kesepian, lansia mungkin akan semakin kesulitan dalam menjaga pola hidup sehat.

  1. Kesepian bisa menular

Kesepian bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Susan Newman, Ph.D., seorang pakar psikologi klinis mengatakan bahwa teman dan keluarga yang merasa kesepian punya peluang 52 persen lebih besar untuk mengalamin kesepian juga.

  1. Orang kesepian rentan terkena penyakit

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa rasa kesepian dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sepertiga orang yang merasa kesepian bisa memiliki tekanan darah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang merasa bahagia karena dikelilingi orang sekitarnya.

Dugaan penelitian juga menemukan bahwa orang yang kesepian pada dasarnya sudah memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik. Maka, tak jarang mereka malah menghindar dari lingkungannya yang akhirnya semakin merasa kesepian. Kesepian juga membuat seseorang bisa menjadi lebih cuek akan kesehatannya.

Baca juga : Tanaman Ini Bisa Menyembuhkan Penyakit Jantung Loh!

  1. Kesepian bisa dihilangkan dan dicegah

Kesepian dapat merugikan baik kesehatan fisik maupun mental, namun hal ini bisa diatasi karena kesepian sifatnya sementara. Kesepian bisa diatasi dengan kesadaran diri sendiri yang memang ingin mendapatkan sebuah perubahan. Berikut beberapa cara umtuk mencegah kesepian.

  • Sadari bahwa kesepian pertanda bahwa Anda harus melakukan perubahan
  • Pahami dampak dari kesepian, baik secara fisik, mental, maupun finansial
  • Supaya tidak merasa kesepian, gabung dengan komunitas baru dan berkontribusi dalam kegiatan sosial agar lingkaran pergaulan jadi lebih luas
  • Fokus dengan mempererat hubungan baik dengan orang-orang yang memiliki pandangan yang sama, tapi bukan berarti menghindar dari orang yang memiliki pandangan yang berbeda
  • Berpikiran optimis dan keluarlah dari zona nyaman.

Baca juga : Pertemanan Sehat Ternyata Berpengaruh Terhadap Kesehatan Loh

Kesepian Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan, Atasi Dari Sekarang! | admin | 4.5