Kenali Jenis Obat Kumurmu

Kenali Jenis Obat Kumurmu – Seperti yang kita ketahui, banyak sekali jenis obat kumur di pasaran yang pada umumnya bertujuan untuk membantu mengurangi aroma napas yang tidak sedap. Namun, ada bermacam obat kumur yang menawarkan fungsi dan kandungan zat yang berbeda.

Seorang dokter gigi, Drg. Michelle Henshaw, MPH, dari Boston University, Henry M. Goldman School of Dental Medicine mengatakan ada tiga jenis obat kumur yang digunakan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis obat kumur yang tersedia.

Kenali Jenis Obat Kumurmu

  1. Obat kumur untuk membuat napas segar

Rata-rata obat kumur yang disediakan di pasaran dibuat untuk masalah aroma napas agar lebih segar dan wangi. Namun, Anda harus berhati-hati. Obat kumur pada umumnya tidak selalu menawarkan manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut dalam jangka waktu yang panjang.

Berkumur dengan cairan pembersih mulut yang mengandung pewangi memang dapat digunakan untuk mematikan bakteri dalam waktu yang relatif cepat. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyehatkan kondisi gigi dan mulut untuk kedepannya. Ini dikarenakan bakteri yang dihilangkan dengan obat kumur akan muncul kembali. Hal tersebut diungkapkan oleh Drg Michelle Hensaw.

Namun, bagi orang yang butuh penyegar napas instan, tak ada salahnya memanfaatkan obat kumur ini.

  1. Obat kumur yang mengandung fluoride

Fluoride adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Kebanyakan masyarakat jarang menggunakan obat kumur jenis ini, karena fluoride sudah terkandung dalam pasta gigi yang biasa digunakan sehari-hari.

Namun menurut drg. Michelle Hensaw, obat kumur jenis ini dibutuhkan oleh orang dengan xerostomia (mulut kering yang tidak normal). Hal ini dikarenakan, orang dengan kondisi mulut kering rentan mengalami karies atau gigi berlubang.

  1. Obat kumur antiplak untuk gingivitis

Jenis obat kumur yang lainnya yaitu obat yang mengandung antiplak pada gigi. Cairan pada obat kumur ini mengandung zat yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Drg. Michelle Hanshew menyarankan walaupun menggunakan jenis obat kumur ini, Anda tetap untuk sikat gigi paling tidak dua kali sehari dan melakukan flossing (membersihkan benang gigi) setelah makan.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan gigi dan mulut yang berbeda dengan tujuan penggunaan ketiga obat kumur di atas, konsultasikan ke dokter gigi agar dokter gigi dapat meresepkan obat kumur khusus sesuai kebutuhan masing-masing.

Kenali Jenis Obat Kumurmu | admin | 4.5