Aromaterapi Untuk Hipertensi

Aromaterapi Untuk Hipertensi – Aromaterapi biasanya digunakan untuk menenangkan pikiran dan relaksasi tubuh. Aromaterapi memanfaatkan minyak esensial yang terbuat dari berbagai tanaman yang berkhasiat bagi tubuh. Selain mengusir stress, banyak manfaat lain yang bisa didapat dari aromaterapi ini. Salah satunya untuk penyakit hipertensi.

Stress dapat memperburuk hipertensi karena stress membuat otak melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang menyebabkan denyut jantung meningkat dan terjadi pelebaran diameter pembuluh darah. Hal ini bisa membuat tekanan darah naik tiba-tiba hingga 30-40%, namun ini bersifat sementara.

Aromaterapi Untuk Hipertensi

Meski hanya sementara, efeknya tetap bisa berbahaya bagi orang-orang yang sudah lama mengidap hipertensi. Hal ini terjadi karena tekanan mental berat merangsang sistem simpatis otak yang membuat bereaksi berlebihan sehingga terjadi peningkatan tekanan darah.

Selain itu, orang yang sedang stress biasanya melakukan hal-hal yang tidak sehat seperti merokok hingga makan berlebihan.

Aromaterapi membantu menurunkan tekanan darah. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan kita menggunakan aromaterapi ini, kita merasa lebih tenang, dan tensi darah menjadi lebih stabil.

Manfaat penggunaan aromaterapi untuk hipertensi juga dipercaya membantu seseorang bisa tidur lebih nyenyak. Tidur nyenyak bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress dan membantu mengendalikan tensi.

Tidak semua jenis minyak dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk hipertensi. Hanya minyak tertentu saja seperti, minyak lavender, minyak mawar, sandalwood, kamomil, dan minyak pala. Selain itu, ada beberapa minyak yang merangsang kerja jantung untuk memompa darah yang bisa menaikkan tensi, yaitu minyak lemon, jahe, chiral, dan daun mint.

Minyak essensial yang biasa dipakai yaitu minyak bunga lavender, kamomil, minyak pala dan minyak lain yang memilki wangi yang menenangkan. Minyak ini dapat mengendalikan sistem saraf simpatis yang bertanggung jawab mengatur respon stress. Efek relaksasi dari aromaterapi akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat denyut jantung perlahan menurun stabil.

Ketika digunakan sebagai minyak pijat, minyak essensial mampu mengurangi rasa nyeri, tegang, dan bad mood.

Penggunaan minyak essensial untuk aromaterapi dapat di aplikasikan dalam berbagai cara sebagai berikut:

  • Menggunakan alat diffuser yang mengubah minyak essensial menjadi uap
  • Menghirup langsung atau diteteskan ke pakaian
  • Sebagai minyak untuk pijat badan
  • Berendam dengan air hangat yang telah dicampur minyak essensial
  • Mengoleskan langsung pada kulit.
Aromaterapi Untuk Hipertensi | admin | 4.5