Sirsak Kaya Manfaat, Kaya Khasiat

Sirsak Kaya Manfaat, Kaya Khasiat – Tanaman sirsak disebut multimanfaat dan multikhasiat. Disebut multimanfaat karena tanaman ini dapat menjadi tanaman buah sekaligus sebagai tanaman obat. Disebut multikhasiat karena dapat dilihat dari pemanfaatan tanaman sirsak yang luas untuk obat. Semula khasiat tanaman sirsak hanyalah merupakan pengetahuan yang bersifat turun-temurun, namun kemudian ilmu pengetahuan modern membuktikannya secara ilmiah (Warisno dan Kres Dahana, 2012).

Sirsak Kaya Manfaat, Kaya Khasiat

Sirsak sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional di berbagai belahan dunia. Dalam sistem pengobatan tradisional India, Ayurveda, sirsak mempunyai reputasi yang hebat sebagai antikanker. Suku Indian di Amerika Selatan memanfaatkan tanaman sirsak (baik kulit, kayu, akar, daun, dan bijinya) sebagai obat tradisional untuk pengobatan penyakit jantung, asma, gangguan lever, dan rematik (Holistic Health Solution, 2012).

Masyarakat di Belize, Amerika Serikat juga menggunakan sirsak dalam berbagai pengobatan tradisional, misalnya menurunkan panas, cacar, rematik, kaki bengkak dan pembengkakan di bagian tubuh yang lain, serta uretritis (radang uretra), hematuri (adanya darah dalam urine), dan penyakit lever ringan (Holistic Health Solution, 2012).

Biji pada tanaman sirsak bersifat racun dan dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami, sedangkan daun sirsak dapat bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, analgetik, antidisentri, antiasma, antihelmitic, dilatasi pembuluh darah, menstimulasi pencernaan, dan mengurangi depresi.

Batang dan daun memiliki kandungan zat annonaceous acetogenins yang menunjukkan sitotoksik aktif melawan sel kanker, selain mengandung zat annonaceous acetogein, terdapat kandungan flavonoid, tanin, dan saponin pada ekstrak air daun sirsak, yang berfungsi dalam menghambat pertumbuhan tumor.

Selain sifat anti kanker, sirsak juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan efektif dalam melawan berbagai jenis parasit atau cacing, bahkan sirsak dapat mengobati tekanan darah tinggi, depresi, dan stres (Komansilan, dkk., 2012).

Sirsak banyak mengandung mineral fosfor dan kalsium yang sangat penting dalam proses pembentukan tulang sehingga bermanfaat menghambat osteoporosis. Sirsak juga kaya akan kalium yang berperan mengontrol tekanan darah, ritme dan fungsi jantung, sehingga dapat mencegah hipertensi dan melindungi dari aterosklerosis penyebab penyakit jantung (Holistic Health Solution, 2012).

Masih ragu dengan manfaat dan khasiat sirsak?

Sirsak Kaya Manfaat, Kaya Khasiat | admin | 4.5